Rabu, 05 April 2017

Layar Touch Screen Android Bergerak Sendiri? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perkembangan teknologi cukup cepat pertahunnya, membuat standard sebuah smartphone rata-rata dibekali dengan layar touch screen. Kecanggihan layar sentuh pada smartphone membuat penggunaanya lebih mudah dan multitasking. Namun teknologi buatan manusia pasti lama-kelamaan akan mengalami kerusakan.

Salah satu kerusakan yang dialami pada smartphone yakni layar android begerak sendiri atau biasa disebut touch ghost. Tentu saja hal ini bukan karena ulah hantu yang bersemayam di gadget sobat melainkan ada faktor yang mempengaruhinya.

Pada kesempatan kali ini ragamteknosia akan membahas lebih dalam tentang penyebab dan cara mengatasi layar touch screen bergerak sendiri. Simak informasi selengkapnya berikut ini:
 mengatasi layar touch screen bergerak atau mengetik sendiri

Penyebab Layar Touch Screen Beroperasi sendiri atau Ghost Touch

Layar touch screen yang mengalami masalah karena banyak faktor mulai dari error, terlalu banyak membuka aplikasi hingga macet dan lag, pecah hingga mengalami kerusakan karena penggunaan yang terlalu kasar dan menekan terlalu keras. Namun ada beberapa tips pertolongan pertama jika smartphone sobat mengalami hal tersebut.

Mengatasi Touch Screen Android Yang Bergerak Sendiri Atau Ghost Touch


  • Melakukan restart Smartphone Sobat
Hal yang pertama bisa kamu lakukan jika mengalami layar touch screen beroperasi sendiri yakni dengan cara merestart gadget android. Hal ini cukup mudah dilakukan dan membuat posisi smartphone kembali normal. Biasanya saat membuka aplikasi terlalu banyak maka layar saat digunakan terasa lamban dan terlihat seperti bergerak sendiri dan biasanya karena kapasitas RAM terlalu kecil.
  • Baterai Lemah Namun Tetap Digunakan
Salah satu penyebab lainnya layar touch screen pada android beroperasi sendiri karena kondisi layar hanya 20 - 25%. Agar tidak membuat smartphone menjadi error lebih baik jika saat menggunakan ada peringatan baterai lemah maka langsung di charge.
  • Charger Mengalami Kerusakan
Pasti sobat bertanya apa hubungannya antara charger dengan layar android bergerak sendiri? Tentu saja ada, hal ini dialami oleh beberapa ponsel android dan penyebab utamanya biasanya charger tidak ori. Hal ini menyebabkan listrik yang masuk pada smartphone tidak stabil dan jika dibiarkan saja maka tak hanya berdampak pada layar namun komponen lainnya yang ada pada perangkat android sobat.
  • Touchscreen Mengalami Kerusakan
Masalah lainnya yang membuat layar android bergerak sendiri atau touch ghost karena kerusakan. Untuk merawat touch screen tidak gampang rusak yakni dengan membersihkan layar apabila terkena debu ataupun mengelap jika terkena air.
  • Layar Mengalami Panas Secara Berlebihan
Faktor lainnya yakni penggunaan perangkat android yang berlebihan hingga berjam-jam bahkan ada yang menggunakan walaupun dalam keadaan di charger. Tentu hal ini membuat smartphone menjadi panas dan jika dibiarkan saja maka touch screen android bergerak atau mengetik sendiri dan bisa eror lainnya. Untuk itu, salah satu mengatasinya dengan mengatur penggunaan gadget sesuai keperluan saja.
Simak Artikel Menarik Lainnya:
Simak Tips Pintar Download Video dari Instagram
Tips Menyimpan Foto dari Instagram Paling Mudah
6 Cara Pintar Mendapatkan Banyak Like di Akun Instagram Kamu
Cara Mudah Menambah Followers Instagram Hingga 1K
  • Terdapat Masalah Pada Bagian Screen Protector
Tak hanya pada layar yang perlu dibersihkan, namun screen protector juga. Karena debu ataupun kotoran yang menempel pada screen protector dapat menyebabkan layar bermasalah salah satunya ghost touch hingga mengetik sendiri saat ingin chat atau sms. Apabila screen protector telah rusak ataupun kotor lebih baik diganti yang baru.
  • Sistem Operasi Android Mengalami Kerusakan
Penggunaan yang tidak kontrol dengan asal download aplikasi, menggunakan hingga berjam-jam akan membuat sistem operasi android mengalami kerusakan. Hal ini tentu akan berdampak pada software ataupun hardware yang ada pada gadget android.

Mulai dari layar yang bergerak sendiri, file yang hilang, kamera yang sulit dioperasikan dan lainnya. Cara mengatasi hal ini yakni dengan mengupdate firmware ke versi paling baru. Sehingga kamu dapat meminimalisir error pada perangkat android.
  • Melakukan Penyetelan Ulang Pabrik atau Factory Reset
Hal yang terakhir untuk mengatasi layar touch screen bergerak sendiri yakni dengan melakukan factory reset. Hal ini akan mengembalikan kondisi smartphone ke default. Sehingga aplikasi hingga file yang memberatkan kinerja gadget akan hilang. Agar file penting tidak hilang, sebelum melakukan cara ini lebih baik membackup terlebih dahulu semua data dan disimpan ke memori eksternal.

Semoga informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi layar touch screen bergerak sendiri dapat membantu permasalahan sobat. Sampai jumpa di tips android selanjutnya.
Layar Touch Screen Android Bergerak Sendiri? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Posted By: Dodik Parman